Ekspresi diri berbasis gerak maknawi melalui penciptaan karya tari Lenggang Meniti Asa

Authors

  • Romi Nursyam Prodi Seni Program Doktor, ISI Surakarta, Indonesia
  • Rahmida Setiawati Prodi Pendidikan Tari dan Prodi Pendidikan Musik, Univerisitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Deden Haerudin Prodi Pendidikan Tari dan Prodi Pendidikan Musik, Univerisitas Negeri Jakarta, Indonesia

Keywords:

Ekspresi diri, Gerakan yang berarti, Mengejar Ekspektasi

Abstract

Ekspresi Diri Berdasarkan Gerakan Makna Melalui Kreasi Tari Lenggang Meniti Asa. Peristiwa kehidupan dapat dilihat dari ciri atau
ciri yang ditentukan oleh tubuh dan ekspresi diri. Kemampuan bergerak bebas dalam eksplorasi dan improvisasi merupakan pengalaman kreativitas pribadi yang akan diekspresikan sebagai respon penerimaan atau penolakan diri secara emosional melalui gerakan yang bermakna, gerakan tari melayu, eksplorasi, dan gerakan tari betawi. Ekspresi gerak dalam gaya personal melalui berpikir kreatif sangat erat kaitannya dengan perasaan, kefasihan dan pertimbangan, gagasan digunakan sebagai gerak kreatif yang dirangkai dan diberi unsur tari serta unsur pendukung menjadi suatu produksi karya. Namun berdasarkan data lapangan dan proses penciptaan yang dilakukan, ide dan tema dikumpulkan dari berbagai kajian dan kemudian bergerak menuju hati untuk mengungkap, melihat, menghafal, dan mewujudkannya. Proses kerja diberi gerak, desain, estetika, bentukan, penampilan sehingga semua ekspresi diri mengikuti gerak, ruang, tenaga dan waktu. Metode penulisan melalui studi lapangan dengan metode kualitatif dan deskriptif, sedangkan proses pembuatan karya melalui stimulasi ide, stimulasi audio, stimulasi visual, stimulasi kinestetik dan eksplorasi karya sanggar, improvisasi, evaluasi/performance.

Published

2020-12-01

How to Cite

Nursyam, R., Setiawati, R., & Haerudin, D. (2020). Ekspresi diri berbasis gerak maknawi melalui penciptaan karya tari Lenggang Meniti Asa. Senakreasi : Seminar Nasional Kreativitas Dan Studi Seni, 2, 79-97. Retrieved from https://conference.isi-ska.ac.id/index.php/senakreasi/article/view/121

Issue

Section

Articles