Seni adalah fenomena yang telah menghasilkan banyak kemaslahatan. Oleh karena itu, aktivitas yang berupa studi dan kreativitas seni perlu dikembangkan agar seni tidak sekedar hadir sebagai kegiatan permainan semata, tetapi menjadi ilmu pengetahuan yang memiliki pilar yang kokoh. Pascasarjana Institut Seni Indonesia Surakarta mendorong tumbuhnya aktivitas berupa studi dan kreasi seni, dengan harapan secara bertahap terumus prinsip-prinsip, kaidah-kaidah, konsep-konsep, dan teori-teori seni yang hadir sebagai pengetahuan eksplisit, sehingga kelak dapat diharapkan lahir ilmu pengetahuan seni yang memiliki spektrum kemaslahatan yang lebih luas.

Seni bukan sekedar ekspresi artistik yang tidak ada hubungannya dengan kebutuhan praktis. Seni adalah pengetahuan dengan sistem tertentu, dengan bangunan epistemologis, ontologis dan aksiologis tertentu. Eksistensinya sejajar dengan ilmu, filsafat dan agama. Di sisi lain, seni dapat dikaji secara ilmiah sehingga menjadi ilmu. Kajian atau studi ilmiah semacam itu telah dilakukan banyak pihak terhadap filsafat, sehingga melahirkan ilmu filsafat. Kajian atau studi serupa juga telah dilakukan berbagai institusi terhadap berbagai entitas agama sehingga melahirkan ilmu agama. Oleh karena itu, mengembangkan ilmu seni dengan melakukan studi ilmiah terhadap seni dan kreasi seni adalah suatu keniscayaan.

Hakikat seni tidak memiliki kaitan dengan kebutuhan praktis. Namun, menarik seni dalam konteks kebutuhan praktis adalah suatu pemikiran yang sah. Memanfaatkan seni dalam konteks kebutuhan praktis membutuhkan pengetahuan eksplisit tentang prinsip-prinsip, kaidah-kaidah, konsep-konsep, dan teori-teori seni.  Oleh karena itu studi seni dalam perspektif berbagai macam bidang ilmu tidak dapat dielakkan, karena mendorong tumbuhnya intensitas aktual seni yang menjadi dasar semangat profesional di bidang seni.

Tujuan utama Seminar Nasional Studi dan Kreasi Seni adalah untuk memberikan kesempatan bagi para mahasiswa, dosen, praktisi seni, seniman, penghayat, para pengelola kebijakan di bidang seni budaya untuk berbagi ide dan pengalaman secara langsung dengan rekan-rekan mereka dari seluruh penjuru Nusantarauntuk bergabung dalam seminar ini. Selain itu, pertemuan dalam seminar ini akan membantu berbagai pihak untuk membangun tumbuhnya semangat penelitian ilmiah maupun penelitian artistik, serta hubungan bisnis untuk kolaborasi di masa depan sesuai dengan jalur karier mereka masing-masing. Terakhir, Pascasarjana ISI Surakarta berharap bahwa hasil dari Senadiksi akan mengarah pada kontribusi signifikan terhadap tumbuhnya ilmu pengetahuan seni serta berbagai aktivitas kreatif dalam penciptaan seni sehingga menghasilkan kiat-kiat pengembangan terbaru.

 

Current Issue

Vol. 3 (2021): Seminar Nasional 2021

Tema: "Pengembangan Perspektif Baru melalui Antar Disiplin dan Interdisiplin dalam Praktik Penciptaan Seni" Surakarta, 19 Agustus 2021

Published: 2021-11-04
View All Issues