Visualisasi keindonesiaan dalam karya-karya Sri Astari

Authors

  • Ira Adriati Institut Teknologi Bandung, Indonesia
  • Irma Damajanti Institut Teknologi Bandung, Indonesia

Keywords:

Sri Astari; Kreativitas; Ideolek; Visualisasi; Global

Abstract

Sri Astari merupan perempuan perupa Indonesia yang merintis karier perupa dari perupa non professional hingga menjadi perupa papan atas Indonesia yang dikenal dalam medan sosial seni nasional maupun internasional. Dalam penelitian ini menganalisis bagaimana Astari mengangkat persoalan personal menjadi persoalan global dan bagaimana perupa membentuk identitas atau ideolek melalui karyanya. Penelitian ini menggunakan metode interdisiplin. Teori yang digunakan adalah teori kreativitas Graham Wallas dan teori kritik seni Feldman. Astari menentukan budaya Jawa sebagai bentuk visualisasinya, selanjutnya dia memilih ikon-ikon yang telah dikenal secara global seperti ikon tas. Kreativitasnya mendorong Astari untuk mencoba berbagai media dan visualisasi sehingga medan sosial seni mengenal karyanya. Melalui kreativitasnya ia mengangkat persoalan kesetaraan gender dari masyarakat Jawa beranjak pada persoalan perempuan di seluruh dunia. Hal tersebut memperlihatkan kecerdasan dan kreativitasnya dalam menentukan visualisasi karyanya. Berdasarkan analisis dapat diketahui jika Astari mengambil tema personal pada awalnya kemudian memilih tema global yang dirasakan oleh perempuan seluruh dunia, dengan tetap mempertahankan kekhasan busana tradisional Indonesia sebagai identitas maupun busana kawasn Asia lainnya.

References

Astari. n.d. “Wayang Installation Venice Biennale.” Indoartnow. https://indoartnow.com/.

Bianpoen, Carla. 2002. “10. Indonesian Women Artists: Transcending Compliance.” In Women in Indonesia, 113–29. ISEAS Publishing.

———. 2003. “Exploring Vacuum I at Cemeti Gallery.” Asian Art News 13 (5): 81–82.

Bianpoen, Carla, and Mella Jaarsma. 1996. “Perempuan Perupa: Antara Visi Dan Ilusi” Dalam Mayling Oey-Gaediner.” In Perempuan Indonesia: Dulu Dan Kini. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Damayanti, Ima. 2006. Psikologi Seni: Sebuah Pengantar. Kiblat Buku Utama, Bandung. Bandung: Kiblat.

Feldman, Edmund B. 1976. “Art and the Image of the Self.” Art Education 29 (5): 10–13.

Heritage, Tim Penyusun Indonesian. 1998. “Indonesian Heritage: Visual Art.” Singapura: Archipelago Press.

Naima Morelli. n.d. “Sri Astari Rasjid: Bringing Out the Warrior Within Us.” Cobosocial. https://www.cobosocial.com/dossiers/sri-astari-rasjid-bringing-out-the-warrior-within-us/.

Published

2021-11-04

How to Cite

Ira Adriati, & Irma Damajanti. (2021). Visualisasi keindonesiaan dalam karya-karya Sri Astari. Senakreasi : Seminar Nasional Kreativitas Dan Studi Seni, 3, 41-51. Retrieved from https://conference.isi-ska.ac.id/index.php/senakreasi/article/view/146