Analisis bentuk kreativitas iklan brand fashion lokal pada sosial media instagram (studi kasus pada @vanillahijab)

Authors

  • Fani Fakhriyah Institut Seni Indonesia, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

Keywords:

Bentuk Kreativitas; Iklan; Instagram; Brand fashion; Vanilla Hijab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk strategi kreatif dari brand fashion tersebut, melalui iklannya di sosial media instagram. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan studi pustaka dan observasi. Teori analisis yang digunakan adalah teori dari periklanan, promosi, strategi kreatif, DKV, dan AISAS. Brand Vanilla Hijab merupakan salah satu pionir brand hijab lokal. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan menunjukan bahwa, pada brand Vanilla Hijab telah mampu untuk menyampaikan pesan melalui iklannya dengan baik kepada khalayak. Unsur simple dan modern pada iklan Vanilla Hijab di instagram mampu untuk mempersuasi, menarik perhatian, mengingatkan, dan meningkatkan penjualan. Vanilla hijab termasuk berhasil dalam strategi kreatifnya karena mampu mendiferensiasi brand lokal kompetitor-kometitornya. Vanilla Hijab menggunakan taktik visual yang baik mampu mempengaruhi khalayak dengan baik.

References

Alimatul Qibtiyah. 2019. “Hijab Di Indonesia: Sejarah Dan Kontroversinya.” Theconversation. 2019. https://theconversation.com.

Belch, George E., dan Michael A. Belch. 2003. Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective. The McGraw− Hill.

Ferdiana, Tresna, Ira Wirasari, dan Sri Nurbani. 2017. “Analisis Strategi Kreatif Iklan Bukalapak Di Media Sosial/Creative Strategy Analysis Of Bukalapak Advertisement In Social Media.” eProceedings of Art & Design 4 (2).

Herawati, Heny. 2020. “Pengaruh iklan media sosial instagram dan celebrity endorser (selebgram) terhadap minat beli (studi kasus pada toko online shop Keripik pisang coklat Krispbo. id).” Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif 6 (1): 81–97.

Indrawati, Komang Ayu Pradnya, I. Nyoman Sudiarta, dan I. Wayan Suardana. 2017. “Efektivitas iklan melalui media sosial facebook dan instagram sebagai salah satu strategi pemasaran di krisna oleh-oleh khas Bali.” Jurnal Analisis Pariwisata 17 (2): 78–83.

Kertamukti, Rama. 2019. Strategi Kreatif dalam periklanan. Depok: Rajawali Pers.

Lee, Monle, dan Carla Johnson. 2004. “Prinsip-prinsip pokok periklanan dalam perspektif global.” Jakarta: Prenada Media 3 (10): 225.

Lukitaningsih, Ambar. 2013. “Iklan yang efektif sebagai strategi komunikasi pemasaran.” Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan 13 (2): 116–29.

Moriarty, Sandra, Nancy D. Mitchell, William D. Wells, Robert Crawford, Linda Brennan, dan Ruth Spence-Stone. 2014. Advertising: Principles and practice. Pearson Australia.

Morrisan, M. A. 2015. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Kencana.

Nawiroh, Vera. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Riandy, Debby, dan Roswita Oktavianti. 2019. “Strategi Kreatif Iklan Online Shop Aksesoris Wanita Di Media Sosial Instagram (Studi Pada Akun@ Summercity_Id Dan@ Neve_Blink).” Prologia 3 (1): 74–79.

Sandy, Dea Christina. 2020. “Strategi kreatif dalam promosi ‘sekutu kopi’ melalui media sosial instagram.” Insitut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Sebayang, Gemael, dan Ayub Ilfandy Imran. 2017. “Strategi Promosi Brand Lokal General Culture Melalui Instagram (studi Deksriptif Brand Image General Culture Melalui Akun@ generalculture).” eProceedings of Management 4 (3).

Stephanie, Conney. 2021. “Berapa Lama Orang Indonesia Akses Internet Dan Medsos Setiap Hari?” Kompas.Com. 2021. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/.

Vivian, John. 2008. “Teori komunikasi massa.” Jakarta: Kencana.

Published

2021-11-04

How to Cite

Fani Fakhriyah. (2021). Analisis bentuk kreativitas iklan brand fashion lokal pada sosial media instagram (studi kasus pada @vanillahijab). Senakreasi : Seminar Nasional Kreativitas Dan Studi Seni, 3, 61-69. Retrieved from https://conference.isi-ska.ac.id/index.php/senakreasi/article/view/148