Seni religi sholawat Syaduk Ini: santri tua Dusun Ngentak, Desa Mojayan, Kabupaten Klaten

Authors

  • Suyoto Institut Seni Indonesia Surakarta

Keywords:

Shalawat, Lagu, Cakepan, Laras

Abstract

Penelitian yang berjudul “Seni Religi Shalawat  Syaduk Ini: Santri  Tua  Dusun Ngentak Kabupaten Klaten”  membahas tentang teks dan lagu yang disajikan. Seni Shalawatan adalah seni yang menyiratkan ajaran moral, ajaran agama yang membesarkan nama Tuhan, dan ajaran Nabi Muhammad SAW. Persoalannya adalah shalawat ini tidak menggunakan alat musik, akan tetapi cukup dengan vokal. Karena shalawat ini shalat Jawa, laras yang digunakan adalah laras gamelan sléndro dan pélog. Penelitian ini dalam pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi dan wawancara. Kesenian ini pada dasarnya bukan untuk tontonan, atau memamg tidak membutuhkan penonton. Biasanya kesenian ini yang menonton juga bagian dari acara tersebut. Oleh karena itu observasi dilakukan ketika ada kematian. Wawancara dilakukan kepada tokoh utama dari pimpinan shalawat Syaduk Ini. Hasil penelitian ini adalah ditemukan lagu shalawat pada separuh awal menggunakan laras sléndro, dan separuh akhir menggunakan laras pélog. Karena tidak menggunakan alat musik, maka di bagian awal nada-nadanya belum begitu jelas.  Setelah berjalan sesaat kemudian baru mapan nada-nada yng digunakan. Ketika disandingkan dengan laras gamelan di bagian awal menggunakan laras sléndro pathet sanga. Paroh ke dua menggunakan laras pélog pathet nem. Peralihan dari laras slendro ke laras pélog  tanpa disadari setelah dianalisis ternyata menggunakan larasan tumbuk nem.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshari, Saifudin. 1982. Endang, Ilmu, Filsafat, Dan Agama. Surabaya.

Benamou, Marc. 1998. “Rasa in Javanese Musical Aesthethics.” In Disertasi.

Harmanto, Suyoto, Judth Backer. 2021. “The Concept of Tumbuk In Javanese Gamelan Tuning.” Dewa Ruci: ISI Surakarta.

Hastanto, Sri. 2012. “Ngeng & Reng Persandingan Sistem Pelarasan Gamelan Ageng Jawa Dan Gamelan Bali, Surakarta:” In Surakarta: ISI Press.

Mawardi, Kholid. 2009. ““Shalawatan: Pembelajaran Akhlak Kalangan Tradisionalis.” Yoyakarta: Insania.

Sidiqiyyah. 2016. “Tradisi Sholawat Sebagai Media Komunikasi Masyarakat Lenteng Sumenep.” Kariman Jurnal , Sumenep.

Sofyan, Ridin. 2000. Interelasi Nilai Jawa Dan Islam Dalam Aspek Kepercayaan Dan Ritual.

Supanggah, Rahayu. 2007. Bothekan Karawitan II: Garap. Surakarta: ISI Press Surakarta.

Suryati. 2016. “Ornamentasi Seni Baca Alquran Dalam MTQ Sebagai Bentuk Ekspresi Estetis Eeni Suara.” Yogyakarta Resital Jurnal.

Suyoto. dan Timbul Haryono. 2015. “‘Vokal Dalam Karawitan Gaya Surakarta (Studi Kasus Kehadiran Kinanthi Dalam Gending.’” Surakarta: Jurnal Keteg 15 (1): 60–74.

Suyoto, Suyoto. 2020. “Garap Rujak-Rujakan Dalam Sindhènan Gaya Surakarta.” Resital : Jurnal Seni Pertunjukan vol 21. No.

Wikananta, Harmas Jati. 2017. “Komersialisasi Ingkung Di Daerah Istimewa Yogyakarta Studi Kasus Di Masyarakat Karangber, Guwosari, Pajangan, Bantul”. UGM, Yogyakarta. Yogyakarta.

Hikmat, Ade. Solihati, Nani. 2016. Hidayatullah Syarif. “Teori Sastra: Pengantar Kesusastraan Indonesia”. Jakarta: Uhamka Press.

Djohan. 2020. Psikologi Musik. PT. Kanisius, Anggota IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia). Daerah Istimewa Yogyakarta.

Juwati. 2017. “Diksi dan Gaya Bahasa Puisi Kontemporer Karya Sutardji Calzoum Bachri”, Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran).

Pradopo, Rahmat Djoko. 2009. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Cet. 11.

Published

2022-12-07

How to Cite

Suyoto. (2022). Seni religi sholawat Syaduk Ini: santri tua Dusun Ngentak, Desa Mojayan, Kabupaten Klaten. Senakreasi : Seminar Nasional Kreativitas Dan Studi Seni, 4, 13-22. Retrieved from https://conference.isi-ska.ac.id/index.php/senakreasi/article/view/205