Kesenian dalam peribadahan umat kristen di Tanah Flobamora

Authors

  • Yani Dina Kause Pascasarjana Institut Seni Indonesia Surakarta
  • S Pamardi Pascasarjana Institut Seni Indonesia Surakarta

Keywords:

Flobamora, Peribadahan Kristen, Kesenian, Liturgi Gereja, Seni menurut Alkitab

Abstract

Pujilah Dia dengan tiupan Sangkakala, pujilah Dia dengan gambus dan kecapi! Pujilah Dia dengan rebana dan tari-tarian, pujilah Dia dengan permainan kecapi dan seruling! Biarlah segala yang bernafas memuji Tuhan! Haleluya! (Mazmur 150:3-6). Kesenian dalam peribadahan umat Kristen di tanah Flobamora telah menjadi dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Maka dari itu, objek penelitian ini menjadi penting untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, dimana metode penelitian ini berupaya memberikan gambaran dengan menggunakan kata-kata dan angka atau menyajikan profil persoalan. Melalui hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesenian adalah bagian penting dalam peribadahan umat Kristen karena direalisasikan sebagai bentuk luapan, ekspresi jiwa, dan penyembahan kepada Allah dan bahwa Allah adalah Sang Seniman yang telah lebih dulu memberikan dan menghidupkan cita rasa seni di dalam diri manusia sebagai ciptaan Allah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Durikase, F, and B A Purba. 2020. “Peranan Pemusik Gereja Dalam Mengiringi Nyanyian Jemaat.” Clef: Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik 1 (1): 36–42.

Dyke, Henry Van. 1907. “Days Off and Other Digressions.”

Jatmiko, Bakhoh. 2018. “Mencari Model Tata Ibadah Dalam Gereja Kristen Nazarene Di Indonesia Di Abad XXI.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 7 (1): 1–24.

Murhono, Murhono. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar Seni Rupa Melalui Media Fotografi.” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman 4 (1): 135–50.

Windiani, Windiani, and Farida Nurul Rahmawati. 2016. “Menggunakan Metode Etnografi Dalam Penelitian Sosial.” DIMENSI-Journal of Sociology 9 (2).

Yuliza, Fresti. 2022. “Makna Tari Kontemporer Barangan Karya Otniel Tasman: Suatu Tinjauan Semiotika Tari.” Bercadik: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni 5 (2): 83–97.

Published

2022-12-07

How to Cite

Kause, Y. D., & Pamardi , S. (2022). Kesenian dalam peribadahan umat kristen di Tanah Flobamora. Senakreasi : Seminar Nasional Kreativitas Dan Studi Seni, 4, 51-56. Retrieved from https://conference.isi-ska.ac.id/index.php/senakreasi/article/view/212